(Metro, 20 April 2020)

Rektor (Dr. Mispani, M.Pd.I.) dan civitas akademika IAIMNU yang terdiri dari wakil rektor, dekan, kaprodi, dan dosen Bersama satgas NU peduli Covid-19 PCNU Kota Metro membagikan atribut pencegahan Covid-19 yang dibagikan diseluruh wilayah Kota Metro. Atribut-atribut pencegahan Covid-19 yang dibagikan terdiri dari Masker kain, hand sanitizer, instrument cuci tangan (tempat air, sabun, dan tisu), dan baner hibauan untuk cuci tangan. Pembagian atribut-atribut ini dilakukan diseluruh wilayah kota metro yang difokuskan pada pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU dan pengurus ranting NU. Total masker kain yang dibagikan dalam kegiatan ini adalah sekitar 3000 pcs masker kain.

Hanif Amrulloh, M.Si. selaku Kaprodi Pendidikan Matematika IAIMNU sekaligus kord. Pengadaan dan distribusi logistic Satgas NU Peduli Covid-19 PCNU Kota Metro menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu program kerja yang dilakukan Satgas NU Peduli Covid-19 PCNU Kota Metro selain pengadaan dan penyemprotan disinfektan; dan pembagian sembako kepada warga NU yang terdampak adanya pandemi Covid-19. Dirinya mengungkapkan bahwa kegiatan ini berfokus pada pembagian masker kain dimana sesuai anjuran pemerintah bahwa masyarakat dianjurkan untuk dapat memakai masker berbahan kain setiap 4 jam sehari yang kemudian dicuci agar bisa digunakan Kembali, sehingga masker bedah dan masker N95 hanya diprioritaskan untuk para tenaga medis. Selain keunggulannya bisa dicuci dan digunakan Kembali, masker kain juga dapat mengurangi resiko penularan Covid-19 hingga 70 % yang secara akademik dibuktikan dalam jurnal Universitas Cambridge Disaster Medicine and Public Health Preparedness dengan judul “Testing the Efficacy of Homemade Masks: Would They Protect in an Influenza Pandemic?”.

Rektor Dr. Mispani, M.Pd.I. mengapresiasi keterlibatan para civitas akademika IAIMNU yang mau berkolaborasi dan bekerja sama dengan satgas NU Peduli Covid-19 PCNU Kota Metro dalam rangka pencegahan pandemic Covid-19. Dirinya berharap Kerjasama ini bisa terus dilakukan sebagai salah satu penerapan tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai salah satu Langkah IAIMNU untuk sosialisasi penerimaan mahasiswa baru. “ Dalam keadaan yang serba tertutup seperti ini maka ini adalah salah satu Langkah kami untuk mengenalkan kampus kepada para warga Kota Metro, Alhamdulillah kami disambut dengan sangat baik dan semoga ini bisa menjadi kemajuan kampus IAIMNU Metro Lampung “.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website