Pembelajaran dan pengembangan keilmuan tidak terbatas hanya di dalam ruang kelas saja, namun bisa dengan model real word untuk membuktikan kondisi nyata. Dengan ini perlu adanya inovasi dan asimilasi dalam pengembangan keilmuan yang realistis dan holistik. Pentingnya calon guru dalam memahami materi dan teori-teori psikologi dalam dunia pendidikan dan penerapannya dalam pembelajaran adalah menjadikan guru yang profesional dalam mengelola kelas ,mampu mengatasi kesulitan belajar peserta didik, memahami karakteristik setiap individu peserta didik dan mampu memberikan motivasi serta solusi untuk kemampuan belajar setiap peserta didik. Hal ini kami yang saya tekankan pada seluruh mahasiswa sebagai calon guru. (tutur Masrurotul Mahmudah, M.Pd.I selaku dosen pengampu mata kuliah Psikologi Pendidikan dan ketua prodi PGMI Fakultas Tarbiyah IAIMNU Metro Lampung)

Kunjungan rutin prodi PGMI ke sekolah-sekolah seperti di SDLB Harapan Ibu Metro Pusat sudah menjadi agenda rutin dalam satu tahun sekali. Hal ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti kerjasama yang sudah disepakati dan kunjungan secara rutin ini sebagai MOAnya, selain itu mahasiswa mampu menganalisis penerapan ilmu psikologi pendidikan di SLB. Adapun hal-hal yang dilakukan adalah:

  1. Meninjau tempat pendidikan SLB yang sedang berlangsung
  2. Mengobservasi keragaman disabilitas yang menjadi peserta didik di SDLB Harapan Ibu
  3. Mendata terkait metode-metode guru dalam proses belajar mengajar yang sesuai dengan kebutuhan anak penyandang disabilitas

Agenda ini merupakan kegiatan yang berkaitan dengan salah satu materi pada mata kuliah psikologi pendidikan yang terjadwal di smester satu PGMI IAIMNU Metro Lampung, semua mahasiswa PGMI Smester satu dikerahkan untuk ikut observasi pembelajaran yang di lapangan sebagai bukti  adanya asimilasi pada pembelajaran yang sudah diberikan dalam perkuliahan.

Setelah sampai pada tempat kunjungan (SLB Harapan Ibu) disambut oleh pemilik yayasan yaitu Sugiono, M.M. dengan sangat antusias dan sangat terbuka akan kehadiran para mahasiswa PGMI IAIMNU Metro Lampung. Selanjutnya di sambut pula oleh kepala sekolah SLB Harapan Ibu yaitu Riki Saputra, S.Pd.I beliau juga alumni PGMI IAIMNU. Terlihat bahwa alumni PGMI pun bisa ikut andil dalam penyelenggaraan Sekolah Luar Biasa, hal ini terbukti bahwa begitu pentingnya manfaat ilmu psikologi dalam dunia pendidikan bagi calon guru. Karena akan sangat memudahkan sistem penguasaan guru terhadap situasi dan kondisi pembelajaran dan penguasaan kelas. Ilmu yang didapat oleh para mahasiswa adalah penanganan pembelajaran, sistem pembelajaran, sistem pemberian informasi pada anak ABK sangat berbeda dengan anak-anak yang ada pada sekolah forma pada umumnya. Adapun anak ABK guru hanya mengajarkan satu pengembangan potensi yang dimiliki oleh peserta didik, sampai pada titik maksimal. Setelah itu baru diajarkan lagi potensi yang lainnya, intinya kurikulum pembelajaran pada ABK harus berbasis potensi yang dimiliki anak. Dan pengembangan potensi harus menggunakan alat bantu sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sesuai hasil observasi dan wawancara dengan guru SLB Harapan Ibu diketahui penyandang disabilitas yaitu: Anak Tuna Netra, Tuna Grahita, Tuna Rungu, Tuna Laras, Tuna Daksa Dan Antusias. Dengan demikian skill lulusan PGMI tidah hanya mampu menjadi guru kelas saja, namun mampu juga menjadi guru di SLB. (apm/md)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website