Institut Agama Islam Ma’arif Nahdlatul Ulama (IAIMNU) Metro menyelenggarakan Penerjunan Kuliah Kerja Sosial (KKS) tahun 2022 secara langsung Seremonial Penyerahan Pukul 09.00 WIB di Kantor Camat Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang pada kamis, 03/01/2022 ini mengangkat tema “Menerapkan Nilai Aswaja An Nahdliyyah Melalui Pemberdayaan Ekonomi, Sosial, dan Literasi Kepada Masyarakat”.

KKS tahun 2022 di serahkan langsung kepada Pemerintah TUBA yang dalam hal ini Camat Banjar Agung selaku penerima KKS,dan beserta jajarannya yang berada di kecamatan Banjar Agung. Turut hadir Rektor IAIMNU Metro Lampung Dr.Mispani M.Pd.I  berserta Wakil Rektor I, Agus Setiawan M.H.I dan Aprezo Pardodi Maba,M.Pd selaku Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penjaminan Mutu (LPPPM) beserta Dosen Pembimbing Lapangan, serta perwakilan mahasiswa KKS.

Dalam sambutannya, Dr.Mispani M.P.d.I selaku Rektor dan secara langsung menyerahkan Mahasiswa KKS., menyampaikan bahwa  ada  aspek input dan aspek output/outcome. Pertama, aspek input yakni KKS diikuti oleh 433 peserta dari 3 Fakultas di IAIMNU METRO dengan rincian Fakultas Tarbiyah 303 mahasiswa, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam 103 mahasiswa sedangkan untuk Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah ada 27 mahasiswa.

Lokasi KKS tersebar di 10 desa dari 1 kecamatan di Kabupaten Tulang Bawang.Pada aspek output ini diharapkan dapat menghasilkan suatu dedikasi seperti publikasi kegiatan di media massa, artikel di prosiding/jurnal, video kegiatan, dan laporan pengabdian dan lain sebagainya.

 Pada kesempatan yang sama,Dr.Mispani M.Pd.I  IAIMNU dalam sambutannya memberi pesan kepada mahasiswa KKS untuk menerapkan nilai Aswaja, menyatukan diri dengan masyarakat dan menciptakan perubahan-perubahan untuk menjadi masyarakat yang santun.‘’Marilah membawakan nilai IAIMNU yang sesuai  dengan Motto Kampus.,’’Integrative,Competitive dan Berakhlakul Kharimah” kepada masyarakat.

Sambutan Rektor IAIMNU Metro


Selain itu, Kita harus menyatukan diri dengan masyarakat dan melestarikan ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah kepada masyarakat. Harapannya mahasiswa KKS tahun ini bisa menciptakan masyarakat  yang mempunyai prinsip masyarakat yang baik.,masyarakat yang menjunjung tinggi nilai2 keagamaan,bertoleransi dan masyarakat yang mempunyai moral yang baik ”, tutur Mispani’. 

“KKS ini membawa dua program, pengabdian berbasis kemitraan dan kolaborasi. Program pengabdian berbasis kemitraan, mahasiswa secara berkelompok melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan bimbingan para bapak/ibu DPL. Kedua, program kolaborasi yang mana mahasiswa melakukan kolaborasi dengan kelompok organisasi atau masyarakat.

Kolaborasi ini fokus pada mahasiswa ikut berperan dalam pelaksanaan salah satu kegiatan kelompok organisasi/kelompok masyarakat.,bisa berkolaborasi dengan perangkat desa terkait agar tepat sasaran dan memberikan sumbangsih kepada masyarakat. Diharapkannya mahasiswa KKS bisa ikut serta dalam mensosialisasikan gerakan antisipasi dan pencegahan covid-19 dan program vaksinasi di masyarakat. Ucap” Aprezo Pardodi Maba”,M.Pd

Pada tengah acara dilakukan penyematan atribut berupa jaket kepada perwakilan peserta sekaligus sebagai penanda dimulainya KKS 2022. Acara pelepasan KKS ditutup dengan foto bersama oleh pimpinan IAIMNU METRO, tamu undangan, serta perwakilan mahasiswa yang mengikuti KKS. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website