Metro, IAIMNU Metro Lampung

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Metro menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) ke-1. Acara tersebut dihadiri oleh KH.Arianto Munawar selaku Pengurus Wilayah Nahdalatul Ulama Provinsi Lampung, Kyai Mahsun Juhari selaku Rois PCNU Kota Metro, H. Rudi Hartono selaku Ketua PCNU Kota Metro, para ketua MWCNU, Ranting NU, Ketua Lembaga dan Badan Otonom NU Se-Kota Metro, serta para dosen IAIMNU Metro Lampung, yang mana acara tersebut diselenggarakan di AULA IAIMNU Metro lampung Jalan Raden Ajeng Kartini No. 28, Purwosari, Metro Utara, Metro, Lampung (28/5/2022).

Kegiatan Musyawarah Kerja Cabang Ke-1 Kota Metro tersebut dibuka langsung oleh KH. Arianto Munawar selaku Pengurus Wilayah NU Provinsi Lampung, disela-sela sambutannya beliau mengatakan bahwa, “Belum lama lampung menjadi tuan rumah acara Muktamar di saat indonesia masih dalam situasi ragu-ragu karena sedang dalam keadaan wabah Covid-19, namun alhamdulilah usai acara tersebut tidak menyebabkan penyebaran Covid-19 dan dapat terlaksana dengan baik sampai selesai. Kemudian belum lama juga NU baru saja menghadapi Konferensi besar yang menetapkan beberapa peraturan dan program-program, dan saat ini kita mengadakan acara Muskercab. Acara ini merupakan forum yang sangat strategis, forum yang paling penting  dibawah Konferensi Cabang. Jika Konferensi Cabang sudah menetapkan program kerja dalam jangka waktu 5 tahun namun sifatnya masih umum. Sedangkan rinciannya dibahas pada Musyawarah Kerja Cabang ini, karena tugasnya menjabarkan program kerja umum menjadi program kerja aplikatif, mengevaluasi kembali dan merencanakan kembali apa yang harus dilakukan,” ujarnya.

Artinya bahwa Nahdlatul Ulama sudah melaksanakan berbagai macam kegiatan, dan Nahdlatul Ulama juga telah memiliki banyak banyak aset, seperti Lembaga Pendidikan, Lembaga Keuangan, Koprasi, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU), dan lain-lain. Dan saat ini sedang merencanakan sebagaimana mungkin NU ingin mengembangkan lagi apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya oleh masyarakat Nu, seperti Rumah Sakit. Namun ada yang lebih penting dari itu, yaitu bagaimana kita harus kembali, karena mandat yang paling penting yaitu keagamaan.

Oleh karena itu, sebagaimana yang disampaikan oleh H. Rudi Hartono selaku Ketua PCNU Kota Metro dalam sambutannya bahwa, “mengajak seluruh elemen Nu, mari kita bersama-sama mampu melihat berbagai macam potensi, karena dengan potensi itu kita mampu berbuat.” Maka dari itu acara Muskercab ini sangatlah penting untuk dilaksanakan sampai dengan selesai, yang mana dalam acara tersebut terdapat 4 komisi yang akan dibahas. Maka warga Nu dan pengurus NU harus mulai untuk membuka diri dan mulai bertanggung jawab. Sehingga harapannya hasil dari Muskercab ini dapat mencetak kader-kader militan yang siap untuk mengembangkan dan melaksanakan program program yang telah disusun. Sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua PCNU Kota Metro, “hal yang penting dalam Muskercab ini yaitu harus banyak menciptakan kader-kader militan,” tandasnya.