Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung berhasil menjadi PTKIS pertama yang memiliki jurnal bimbingan dan konseling terakreditasi peringkat 2 (Nomor SK 23/E/KPT/2019). Pencapaian ini sangat diapresiasi oleh civitas akademika IAIMNU Metro Lampung. Rektor IAIMNU Metro Lampung, Dr. Mispani, M.Pd.I. mengatakan ini adalah indikasi bahwa kualitas akademik IAIMNU terus meningkat, terutama dalam bidang tata kelola jurnal ilmiah. Ia menambahkan, IGCJ menjadi benchmark bagi jurnal lain yang diterbitkan oleh IAIMNU Metro Lampung.

Dalam kesempatan terpisah, Editor in Chief IGCJ, Aprezo Pardodi Maba menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Padepokan Jurnal IAIMNU, penulis, reviewer, pembaca, Kementrian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Islam, dan semua pihak yang telah mendukung sehingga IGCJ berhasil masuk jurnal ilmiah terakreditasi peringkat 2.

Diharapkan dengan terakreditasinya, IGCJ dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas riset bimbingan dan konseling di Indonesia. Hingga saat ini, IGCJ telah teindeks di DOAJ, Google Scholar, BASE, Index Copernicus, dan pengindeks nasional atau internasional lain. IGCJ juga telah terdaftar dalam Publons Clarivate Analytic, website yang mencatat kinjerja reviewer dan memberikan apresiasi atas kontribusinya.   

IGCJ, diwakilli oleh Editor in Chief, juga sempat menghadiri workshop internasional untuk editor jurnal dengan judul Web of Science Selection Criteria and Evaluation Process Workshop yang dilaksanakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada 25-26 Agustus 2019 lalu di Hotel Novotel Samator, Surabaya. Kegiatan tersebut diikuti oleh 110 orang editor jurnal dari seluruh Indonesia yang terpilih setelah melalui serangkaian seleksi. 

Acara dibuka dan ditutup langsung oleh Kepala Fasilitasi Jurnal Ilmiah Indonesia, Dr. Lukman. Sementara itu materi disampaikan oleh Mila Cahue, Diu Seng See, dan Dju-Lyn Chng dari pihak Web of Science.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website