Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung menyelenggarakan Workshop Desain Kurikulum 2013. Bertempat di Gedung Perpustakaan lantai III, Sabtu-Minggu (27-28/1), hadir di tengah para peserta, Dr. Fauzan, MA sebagai pemateri.

Peserta dalam workshop tersebut adalah Dosen Fakultas Tarbiyah IAIMNU Metro dan perwakilan Dosen dari Kampus IAIN Metro, Universitas Muhammadiyah Metro, IAI Agus Salim Metro, STAI Way Kanan, STAI Tulang Bawang, STAI Ma’arif Kalirejo, dan STAI An Nur Lampung Selatan.

Acara dibuka dengan tari sembah oleh siswa-siswi MINU Metro yang merupakan sekolah binaan Prodi PGMI. Dalam sambutan pembukaan, Dr. Mispani mengatakan bahwa “Untuk menjadi dosen yang profesional dengan disiplin keilmuan masing-masing, dibutuhkan upaya dinamisasi keilmuan, program workshop hari ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan tersebut untuk menopang Visi Institut Program Pascasarjana (PPs) tahun 2018 ini dan menjadi Universitas di tahun 2024 mendatang. Beliau membuka acara secara resmi dan mengucapkan selamat mengikuti workshop bagi seluruh peserta. Imbuh Mispani

Di hadapan seluruh peserta, Dr. Fauzan yang menjabat sebagai Wakil Dekan III FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sekaligus Ketua Asosiasi PGMI se Indonesia menyampaikan Desain Kurikulum 2013 secara terperinci tentang komponen yang harus ada pada setiap kurikulum serta desain kurikulum yang dapat digunankan untuk proses pembelajaran. Wacana tersebut menyebutkan bahwa dalam kurikulum itu terdapat beberapa komponen, diantaranya adalah tujuan kurikulum, bahan ajar atau materi atau isi dari kurikulum tersebut, strategi mengajar atau metode mengajar, media mengajar dan evaluasi pengajaran serta penyempurnaan pengajaran. Komponen-komponen tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Setiap komponen mempunyai isi yang sangat penting sekali bagi kelangsungan kurikulum.

Desain kurikulum merupakan rencana pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh Dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Desain kurikulum yang dapat digunakan diantaranya adalah subject centered design, learned centered design, problem centered design. Setiap design kurikukum memberikan teknik atau cara yang efektif dalam proses pembelajaran agar berjalan dengan efektif dan efisien. Tetapi tidak setian design kurikulum dapat dijadikan sebagai salah satu pedoman dalam melakukan proses pembelajaran.

Acara ditutup dengan persembahan tari Bedana oleh masiswa PGMI, pemberian cindera mata kepada Pemateri oleh Rektor IAIM dan sesi foto bersama.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website