Pada hari Minggu, 29 Oktober 2017 Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam melaksanakan pelatihan penulisan karya ilmiah dengan tema “Membangun Eksistensi Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam melalui Karya Tulis Ilmiah” dengan materi disampaikan oleh Bapak Habib Shulton Asnawi., S.H.I., S.H., M.H. Kegiatan ini di hadiri oleh Rektor, Dekan Fakultas Tarbiyah, dan Ketua Program Studi di Institut Agama Islam Ma’arif Nahdlatul Ulama.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Rektor IAIMNU Metro Lampung, Dr. Mispani, M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan peran strategis Bimbingan dan Konseling Islam dalam mengurai problematika anak dan remaja dalam satuan pendidikan maupun masyarakat pada umumnya. Beliau menegaskan, dari 260 juta jiwa rakyat Indonesia mayoritas beragama islam. Oleh karena itu beliau berpesan kepada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling islam untuk fokus dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan di bidang keilmuan BKI agar kelak dapat secara nyata memberikan peran dalam membangun kepribadian bangsa.

Juga hadir dalam kegiatan, Dekan Fakultas Tarbiyah, Bapak Muhammad Yusuf, M.Pd.I., beliau mengapresiasi kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah yang dilaksanakan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam serta mendorong forum-forum ilmiah lain yang serupa untuk dilaksanakan.

Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam IAIMNU, Hernisawati, M.Pd.I, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membekali mahasiswa program studi bimbingan dan konseling islam keterampilan menulis makalah dan skripsi.

Bapak Habib Sulthon A., S.H.I., S.H., M.H. selaku pemateri, mengutarakan beberapa tantangan dalam menyusun karya ilmiah, salah satunya menghindari plagiarisme. Plagiarisme adalah tindakan mengambil pendapat orang lain tanpa memberikan ucapan terimakasih atau sitasi yang sepantasnya. Hukuman yang diberikan kepada pelaku plagiarisme dapat berupa pemecatan dari jabatan, pengembalian semua honorarium yang pernah diterima bahkan pencabutan gelar akademik yang didapat. Beliau juga menyampaikan materi mengenai sistematika penulisan makalah dan skripsi, serta tata cara sitasi menggunakan bantuan aplikasi Zotero.

Dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan dapat mementuk budaya menulis karya ilmiah mahasiswa program studi bimbingan dan konseling islam. Dengan begitu, program studi bimbingan dan konseling akan berada di jalur yang tepat untuk membangun eksistensinya melalui karya ilmiah.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website