Rektor IAIM NU Metro Dr. Mispani, M.Pd.I., berkesempatan menjadi Inspektur upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di lapangan IAIM NU Metro Lampung. (01/10/17)

Pada upacara kali ini peserta dari pejabat struktural dan struktural akademik, jajaran dosen, Pengurus Komisariat PMII, Dewan Mahasiswa (DEMA) dan para mahasiswa.

Rektor IAIM NU dalam sambutannya mengatakan tema yang diangkat pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila “Patriotisme Bangsa dan Keutuhan NKRI”.

“Tanggal 30 September terjadi peristiwa penumpasan G 30 S PKI yang bertentangan dengan nilai-nilai Ideologi Pancasila oleh karena itu pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 1 Oktober menjadi hari Kesaktian Pancasila”.

“Kita harus mampu menggali sejarah dengan NKRI harga mati karena NU sejak dulu mengawal bangsa Indoesia ke gerbang kemerdekaan. Mahasiswa sekalian dan Warga NU menjadi garda terdepan dalam mengawal NKRI harga mati. Pancasila tidak boleh hilang dari negeri ini sebagai way of life tujuan hidup bangsa Indonesia”.

Pancasila mengandung makna yang amat penting bagi sejarah perjalanan Bangsa Indonesia, karena itulah Pancasila dijadikan sebagai dasar negara ini. Artinya segala tindak tanduk dari orang-orang sebagai warga negara Indonesia haruslah didasarkan pada nilai-nilai dan semangat Pancasila. Keberagaman menjadi jati diri kita sebagai sebuah bangsa. Karena itu, keberagaman tidak perlu dihilangkan, melainkan perlu dihargai, dihormati dan diperlakukan secara adil.

Marilah kita kembali junjung tinggi nilai-nilai Pancasila agar kita tetap dipandang sebagai bangsa dan negara yang beradab, beragama, beretika, dan bermoral.

Dalam upacara tersebut dibacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang berbunyi “Sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI”.

Dengan diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan dapat membulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang persatuan dan kesatuan serta menegakkan keadilan demi keutuhan NKRI dan sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai etos sandi khususnya patriotisme.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website