IAIMNU Metro Lampung selenggarakan Orientasi Pengenalan Akademik Kampus (OPAK) dan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) PMII mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 dengan  mengambil tema “Membentuk Mahasiswa yang Berakhlakul Karimah, Cerdas dan Bertanggungjawab terhadap Ilmunya” Agenda tahunan ini  dibuka Jum’at pagi (9/9/17) sampai dengan Minggu malam dengan acara puncak pembaiatan bagi mahasiswa baru.

“Mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 berasal dari tiga Fakultas yakni, Syariah, Tarbiyah dan Usuludin Adab dan Dakwah berjumlah 600 mahasiswa”. Hal ini disampaikan oleh Ketua Penyelenggara Drs. Abdul Jalil, M.Pd.I.

Bagi IAIMNU Metro Lampung kegiatan OPAK dan MAPABA menjadi penting, agar mahasiswa baru dapat menyesuaikan diri dengan tata kehidupan ilmiah di IAIMNU Metro Lampung.

Menurut Rektor IAIMNU Metro Lampung, Dr. Mispani, M.Pd.I., “Secara khusus OPAK dan Mapaba diarahkan untuk memberikan pengenalan awal bagi mahasiswa baru, utamanya terkait sejarah dan profil kampus, lembaga-lembaga kampus, jenis kegiatan akademik, para Pimpinan IAIMNU Metro Lampung dan menjadi transmisi interaksi antar sesama mahasiswa dan proses sosialisasi akademik yang lebih luas”.

Pelaksanaan OPAK dan MAPABA PMII dibentuk kepanitian yang terdiri dari unsur Pimpinan, Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa. Partisipasi dari beberapa unsur ini dimaksudkan agar OPAK dan MAPABA PMII mampu memperkenalkan nilai-nilai demokrasi dan nilai-nilai ke-Islaman Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyyah yang berkembang subur di lingkungan IAIMNU Metro Lampung.

Bentuk kegiatan OPAK dan MAPABA PMII terdiri dari Profil IAIMNU Metro Lampung, Wawasan Akademik, Sarana Kampus, Peran dan Tanggung Jawab Mahasiswa, Pengenalan Fakultas dan Prodi, Pengenalan Organisasi Kemahasiswaan, Ahlussunnah Wal Jama’ah dan Ke-NU-an, Ke-PMII-an, Islam Kebangsaan, Bakti Sosial, Pentas Seni, dan Pembaiatan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website