PCNU Kota Metro gelar Harlah NU ke-91 di Masjid Baiturahman II Kecamatan Metro Barat Kota Metro (Selasa, 31/01). Dihadiri PW NU Provinsi Lampung, Muhtasyar NU, PC NU, pengurus MWC dan Ranting se-Kota Metro, Danramil Metro Barat, Kapolsek Metro Barat, Jama’ah Masjid dan masyarakat sekitar. Dan dalam kesempatan ini hadir Dr. KH KHOIRUDDIN TAHMID selaku penceramah.

Acara harlah diawali dengan pembukaan dengan pembacaan suratul Fatihah, Pembacaan Kitab Suci Al-Qur’an dan salawat Nabi, Manyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Subhanul Wathon. Serta yel-yel Kader Penggerak NU.

Ketua PC NU Metro KH. ALI QOMARUDDIN dengan semangat Harlah ini memberikan pesan dalam sambutannya bahwa, “Kepada seluruh Warga NU terutama adik-adik Ansor dan Banser, NU dalam menjaga NKRI, menolak Radikalisme dan kekerasan sudah selesai, tidak perlu membuat pernyataan, karena hal ini berdampak tidak baik, karena kita sudah satu komando dengan PBNU bahwa NU menolak Anarkisme, Radikalisme, Kekerasan dan Terorisme.

Dalam acara puncak, mauidlotul khasanah oleh Dr. KH KHOIRUDDIN TAHMID selaku PW NU Provinsi Lampung sekaligus Ketua MUI Provinsi Lampung.

Dalam ceramahnya Beliau menyampaikan bahwa NU didirikan 91 tahun silam di Nusantara (sekarang Indonesia) memiliki cita-cita murni bersifat Ilahiyah yakni sebagai perbaikan diri agar menjadi orang seperti Ulama-ulama Salafusshalihin. Allahuma Amiin.

Tetapi pada perpsektif Modern, lahirnya NU atas dasar:

  1. Perkembangan pemikiran di dunia serta tuntutan keadaan yang membahayakan Islam di Nusantara (Indonesia).
  2. Sikap para Ulama Pesantren yang mengedepankan sikap Nasionalisme, Patriotisme, dan Cinta Tanah Air
  3. Adanya Komite Hijaz pada Muktamar Islam Dunia.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh KH. SYAMSUDDIN THOHIR. [CH]

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website