Salah satu upaya peningkatan kopetensi mahasiswa dalam mata kuliah Ilmu Falaq, mahasiswa Prodi Ahwal Al Syaksiyah Observasi Hilal di Pos Observasi Hilal Kalianda Lampung Selatan, 29/11/2016

Acara tersebut di ikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Ahwal Al Syakhsiyah Fakultas Syari’ah IAIM NU Kota Metro , dosen pengampu Matakuliah, Ketua Prodi, Dekan dan Warek III, dalam kegiatan praktek dal Observasi Hilal tersebut di pandu langsung oleh bapak SAID dan SAUDI dari Tim Ahli Badan Hisab Rukyat (BHR) Kementerian Agama Profinsi Lampung .

Dosen Mata Kuliah Ilmu Falaq MUFID ARSYAD mengungkapkan kegiatan seperti ini sagat membantu mahasiswa untuk lebih tau dan mendalam tentang ilmu Falaq khususnya dalam aktifitas menentukan awal bulan.

“disini mahasiswa langsung bisa praktek melihat sendiri kondisi bulan dengan mengunakan fasilitas yang disediakan, sehingga apa yang selama ini di pelajari di kampus dapat di padukan secara seksama dengan kondisi ril dilapangan” imbunhnya

Ketua Prodi Ahwal Al Syakhsiyah Fakultas Syari’ah IWANNUDIN, mengatakan kegiatan Observasi Hilal ini sagat positif ini merupakan pengembagan metode pembelajaran kepada mahasiswa sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan apa yang telah didapat diruang kuliah dengan menselaraskan hasil observasinya di lapangan sehingga hasilnya lebih komprehensif.

Ketua Tim Ahli Badan Hisab Rukyat (BHR) Kementerian Agama Profinsi Lampung bapak SAID sagat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Peminat untuk mendalami ilmu-ilmu Falaq ini sagat terbatas, tidak semua orang bisa dan mau, sampai saat ini saya belum punya kader untuk dapat meneruskan ini di BHR Kementerian Agama Provinsi Lampung” ungkapnya

“untuk lebih mantapnya mungkin untuk selanjutnya waktu praktek ini bisa ditambah menjadi dua hari, sehari kita bisa lakukan penguatan tori dan dihari yang kedua bisa kita maksimalkan dalam praktek” tambahnya

Selaras dengan itu dekan Fakultas Syari’ah IAIM NU Kota Metro Ahmad Muslimin berharap untuk selanjutnya ada kerjasama dengan Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Profinsi Lampung sehingga mahasiswa akan selalu terlibat dalam observasi-observasi yang dilakukan oleh Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Profinsi Lampung.

“dengan seperti ini maka peran para akademisi dalam menjalankan tugasnya yang tertuang dalam tridharma perguruan tinggi akan mudah dilaksanakan khususnya dalam ranah penelitian” tambahnya

Bapak saidi salah satu tutor dari Badan Hisab Rukyat (BHR) Kementerian Agama Profinsi Lampung disela-sela praktek mengatakan bahawa aktifitas observasi secara rutin yang dilakukan BHR lampung dalam satu tahun dilakukan selama tiga kali, yang dilakukan ketika penentuan awal Ramadhan, penentuan 1 sawal dan penentuan hari tarwiyah di bulan dzulhijjah.

“kami sagat senag jika ada dari pihak mahasisa atau dosen dapat bersama-sama melakukan obserfasi, Insaallah nati kami akan selalu melibatkan IAIM NU Kota Metro dalam aktifitas Obsevasi selanjutnya, karna pada dasarnya kami sagat mengharapkan partisipasi dari semua pihak dalam hal Obserfasi yang kami lakukan”pungkasnya.

Adapun obserfasi pada saat itu dengan data astronomi Ijtima’: 29 Shafar 1438 H Pukul 19:21 Matahari Terbenam: 30 Nof 2016 Pukul, 18:00.36 WIB Tinggi Hilal: 900637,59”. Kedudukan Matahari: 210598,58” disebelah selatan titik barat. Keadan Hilal : miring ke selatan . Hasil Observasi: Dengan cuaca ekstrim saat ini maka hilal tidak terlibat karena tertup awan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website