IAIM NU Online

Kegiatan Praktik Persidang Semu merupakan suatu kegiatan praktek peradilan yang dilaksanakan oleh Fakultas Syari’ah khususnya Program Studi Ahwal Al Syakhsiyyah (AHS) yang di gelar di ruang LAB Peradilan IAIM NU Kota Metro, 27/11/2016

Ketua Prodi AHS Iwannudin. M.H.I di sela-sela praktek mengatakan bahwa praktek persidangan semu ini merupakan aplikasi pembelajaran dari mata kuliah praktikum Peradilan.

“ini merupakan mata kuliah wajib,  yang harus ditempuh oleh mahasiswa semester akhir yang bertujuan untuk mengaplikaskan apa yang sudah diajarkan dengan realitas yang terjadi di lapangan” imbuhnya.

Dosen Mata Kuliah Praktikum Peradilan Ahlil Kahfi, menyatakan ini merupakan  sebuah media atau jembatan dalam mengkorelasikan antara ranah akademis dengan ranah lapangan dalam dunia peradilan.

“Diharapkan melalui kegiatan Praktik Peradilan atau persidangan semu ini,  mahasiswa Fakultas Syari’ah Program Studi Ahwal Al Syakhsiyyah (AHS) IAIM NU Metro dapat mengaplikasikan secara praktis,berimbang serta membandingkan  antara teori yang didapatkan di perkuliahan dengan lapangan secara riil”. tegasnya.

Gunawan Alam Syah salah satu mahasiswa peserta praktek yang bertindak sebagai hakim ketua mengaku sagat puas dengan kegiatan tersebut karena dirasa sagat membantu mahasiswa dalam memahami proses-proses peradilan, cara berbicara dan menganalisis suatu perkara.

“ini hanya praktek persidangan semu, tapi saya merasakan seolah-olah ini nyata, dan banyak ilustrasi perkara yang muncul dipraktek persidangan memang sangan relevan dengan realitas” imbunya

Senada dengan Ahmad Muslimin, M.H.I selaku dekan Syari’ah menegaskan bahwa kegiatan ini di laksanakan untuk merangsang para mahasiswa yang nantinya akan berproses di Pengadilan  Agama Maupun Pengadilan Negeri untuk mengetahui seluk beluk sebuah lembaga peradilan sebagai modal awal bagi mahasiswa sendiri pasca kuliah, terutama apabila mahasiswa memutuskan untuk menjadi seorag praktisi hukum seperti Jaksa Penuntut Umum, Advokat dan hakim dan lain-lain.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website